Kali ini saya ditugaskan untuk membuat Laporan Akhir pada praktikum Grafik Komputer tentang bagaimana cara membuat sebuah object yang di tentukan pada aplikasi blender. Object yang di tentukan untuk membuat Laporan ini adalah saya diharuskan untuk membuat salah satu senjata api. Sebelum dimulai mungkin saya akan menjelaskan sedikit tentang atribut atau perintah yang nanti akan kita gunakan.
Kita buka terlebih dahulu aplikasi blender yang kita punya, disini saya menggunakan blender versi 2.64 dan tampilannya seperti dibawah ini.
Biasanya pada saat membuka aplikasi sudah terdapat object kubus, seperti gambar di bawah ini.
Jika memang object ini yang kita butuhkan kita bisa langsung menggunakannya, tapi jika bukan object ini yang dibutuhkan kita bisa menghapusnya dengan menekan tombol X pada keyboard atau tombol DEL. kemudian untuk mengeluarkan object yang di inginkan caranya adalah pilih menu add yang ada di toolbar, kemudian pilih mesh dan setelah itu pilih object yang dibutuhkan seperti dibawah ini.
Kemudian terdapat 3 tanda atau disebut 3D Manipulator yang nanti akan sering kita gunakan.
1. Tanda Panah ( Translate Manipulator ), yang berfungsi untuk mengubah, memindahkan, atau mengatur posisi object sesuai dengan yang diinginkan.
2. Tanda Kotak (Scale Manipulator ), yang berfungsi untuk mengubah object menjadi besar atau kecil, tebal atau tipis sesuai yang diinginkan.
3. Tanda Lengkungan ( Rotate Manipulator ), yang berfungsi untuk merotasi atau memutar object sesuai posisi yang diinginkan.
Gambarnya seperti dibawah ini :
Dalam menggunakan fungsi di atas di dalam Object sendiri dibantu dengan sumbu X,Y, dan Z agar kita lebih mudah menentukan posisi yang diinginkan, dan sumbu tersebut di tandai dengan warna agar lebih mudah mengingat.
1. Merah adalah tanda untuk sumbu X
2. Biru adalah tanda untuk sumbu Z, dan
3. Hijau adalah tanda untuk sumbu Y
Gambarnya seperti di bawah ini :
Kemudian terdapat 3 pilihan select:
1. Vertex Select
2. Edge Select
3. Face Select
Ketiga pilihan ini adalah Titik, Rusuk dan Sisi object, ini biasanya digunakan jika kita ingin membentuk object tersebut, entah itu Titik, Rusuk, ataupun Sisinya yang akan di rubah. Gambarnya seperti di bawah ini.
OK, mungkin itu sedikit penjelasan dari saya, langsung saja kita ke tahap pembuatan.
LANGKAH PEMBUATAN SENJATA ( SHOTGUN ) MENGGUNAKAN APLIKASI BLANDER Buka terlebih dahulu aplikasi blender yang kita punya, kita akan membuat senjata shotgun, gambarnya seperti dibawah ini.
Terlebih dahulu kita akan membuat gagang senjata tersebut, karena kita membutuhkan object kubus berarti bisa kita langsung gunakan, terlihat pada tampilah tersebut object masih polos, kita buat garis horizontal pada object tersebut dengan menggunakan CTRL-R kemudian arah kan pointer hingga muncul garis horizontal, karena kita membutuhkan banyak garis gunakan SCROL untuk memperbanyaknya lalu klik kiri, Maka hasilnya seperti dibawah ini.
Karena garis yang
kita butuhkan sudah ada, kita lanjutkan ke langkah berikutnya. Gunakan mode translate manipulotor ( Tanda
Panah ), lalu pilih vertex select, karena kita akan menggunakan titik untuk
membentuknya. Jika sudah klik kanan pada titik yang akan di tarik ( sejajar ), maksudnya sejajar itu titik
yang bersebelahan harus di klik kanan juga, tp sebelumnya tekan SHIFT + klik
kanan, sehingga titik yang pertama di klik tidak hilang tandanya. Lakukan hal
yang sama pada titik yang ingin di tarik, kemudian tarik sesuai sumbu atau
bentuk yang di inginkan, gambarnya seperti dibawah ini.
Selanjutnya kita akan
membuat batang yang di atas yang berhubungan dengan gagang. Disini kita akan
menarik sebuah bagian pada object tersebut sehingga akan membentuk bagian baru.
Kita gunakan bagian sisi atas gagang, ubah mode vertex select ( titik ) menjadi
face select ( sisi ), karena bagian atas masih polos maka gunakan perintah
CTRL-R untuk membuat garis hingga membentuk kotak pada tengahnya, jika sudah
klik kana pada kotak yang di tengah, kemudia klik tombol E, setelah itu tarik
ke atas, maka akan muncul bagian baru. Gambarnya seperti di bawah ini
Kemudian buat garis dengan menggunakan CTRL-R pada bagaian atas yang
tadi di tarik, setelah itu tarik lagi titik sejajar hingga membentuk seperti
yang di inginkan
Selanjutnya pada bagian atas buat garis menjadi beberapa bagian
menggunakan CTRL-R, setelah itu block bagian dengan menggunakan mode face, lalu
klik huruf E dan tarik ke atas hingga muncul bentuk baru
Lalu pada bagian antara bentuk baru yang baru di buat, buat garis lagi,
setelah itu tari titik sejajar hingga membentuk lengkungan, kemudian pada sisi
selanjutnya buat garis juga tarik titik sejajar sehingga nanti membentuk sebuah
lingkaran
Kemudian blok bagian depan atau moncongnya kemudian tekan E tarik hingga
membentuk bagian baru
Selanjutnya pada bagian bawah buat 2 garis pembatas, kemudian block
bagian tersebut lalu tarik lagi hingga membentuk bagian baru
Langkah berikutnya sama halnya dengan yang lain, blok bagian yang akan
di tarik membentuk bagian baru, lalu buat garis, tarik setiap titik sejajar
hingga membentuk bagian yang di inginkan
Lakukan hal yang sama pada pembuatan pelatuknya
Kemudian pada bagian atas, block lagi kemudian tarik sampai membentuk
bagian baru, buat garis lagi pada bagian itu lalu block lagi kemudian tarik lg
Kemudian kita akan menambahkan object baru, caranya pilih add, lalu mesh
pilih cilynder. Lalu gunakan huruf R untuk merotasinya, lalu gunakan mode scale
untuk membentuk lebih lebar atau kecil
Selanjutnya
agar lebih mudah, kita dupliasi saja bentuk tersebut dengan cara SHIFT+D
Dan terakhir keluarkan object silinder lagi, kemudian block bagian yang
ingin di bentuk, gunakan mode scale untuk membuatnya menjadi lebar
DAN HASIL AKHIRNYA
7 komentar:
Nice :D
susah kayaknya..☺ada yg tau link download photoshop yg no survey no serial num,ber
Nampaknya susah bener
Namanya juga proses, ya sulit. Hasilnya itu memuaskan :D
Namanya juga proses, ya sulit. Hasilnya itu memuaskan :D
sulit
pusing palak den liat tutorialnya
Posting Komentar