Senin, 21 Januari 2013

Membuat Object Senjata Menggunakan Aplikasi Blender




Kali ini saya ditugaskan untuk membuat Laporan Akhir pada praktikum Grafik Komputer  tentang bagaimana cara membuat sebuah object yang di tentukan pada aplikasi blender. Object yang di tentukan untuk membuat Laporan ini adalah saya diharuskan untuk membuat salah satu senjata api. Sebelum dimulai mungkin saya akan menjelaskan sedikit tentang atribut atau perintah yang nanti akan kita gunakan.

Kita buka terlebih dahulu aplikasi blender yang kita punya, disini saya menggunakan blender versi 2.64 dan tampilannya seperti dibawah ini. 

Biasanya pada saat membuka aplikasi sudah terdapat object kubus, seperti gambar di bawah ini. 




Jika memang object ini yang kita butuhkan kita bisa langsung menggunakannya, tapi jika bukan object ini yang dibutuhkan kita bisa menghapusnya dengan menekan tombol X pada keyboard atau tombol DEL. kemudian untuk mengeluarkan object yang di inginkan caranya adalah pilih menu add yang ada di toolbar, kemudian pilih mesh dan setelah itu pilih object yang dibutuhkan seperti dibawah ini. 


Kemudian terdapat 3 tanda atau disebut 3D Manipulator yang nanti akan sering kita gunakan.
1.      Tanda Panah ( Translate Manipulator ), yang berfungsi untuk mengubah, memindahkan, atau mengatur posisi object sesuai dengan yang diinginkan.
2.      Tanda Kotak (Scale Manipulator ), yang berfungsi untuk mengubah object menjadi besar atau kecil, tebal atau tipis sesuai yang diinginkan.
3.    Tanda Lengkungan ( Rotate Manipulator ), yang berfungsi untuk merotasi atau memutar object sesuai posisi yang diinginkan.
Gambarnya seperti dibawah ini :


Dalam menggunakan fungsi di atas di dalam Object sendiri dibantu dengan sumbu X,Y, dan Z agar kita lebih mudah menentukan posisi yang diinginkan, dan sumbu tersebut di tandai dengan warna agar lebih mudah mengingat.

1.      Merah adalah tanda untuk sumbu X
2.      Biru adalah tanda untuk sumbu Z, dan
3.      Hijau adalah tanda untuk sumbu Y
Gambarnya seperti di bawah ini :





Kemudian terdapat 3 pilihan select:
1.      Vertex Select
2.      Edge Select
3.      Face Select

Ketiga pilihan ini adalah Titik, Rusuk dan Sisi object, ini biasanya digunakan jika kita ingin membentuk object tersebut, entah itu Titik, Rusuk, ataupun Sisinya yang akan di rubah. Gambarnya seperti di bawah ini.



OK, mungkin itu sedikit penjelasan dari saya, langsung saja kita ke tahap pembuatan.



LANGKAH PEMBUATAN SENJATA ( SHOTGUN ) MENGGUNAKAN APLIKASI BLANDER            Buka terlebih dahulu aplikasi blender yang kita punya, kita akan membuat senjata shotgun, gambarnya seperti dibawah ini.



             Terlebih dahulu kita akan membuat gagang senjata tersebut, karena kita membutuhkan object kubus berarti bisa kita langsung gunakan, terlihat pada tampilah tersebut object masih polos, kita buat garis  horizontal pada object tersebut dengan menggunakan CTRL-R kemudian arah kan pointer hingga muncul garis horizontal, karena kita membutuhkan banyak garis gunakan SCROL untuk memperbanyaknya lalu klik kiri, Maka hasilnya seperti dibawah ini. 



Karena garis yang kita butuhkan sudah ada, kita lanjutkan ke langkah berikutnya.  Gunakan mode translate manipulotor ( Tanda Panah ), lalu pilih vertex select, karena kita akan menggunakan titik untuk membentuknya. Jika sudah klik kanan pada titik yang akan di tarik        ( sejajar ), maksudnya sejajar itu titik yang bersebelahan harus di klik kanan juga, tp sebelumnya tekan SHIFT + klik kanan, sehingga titik yang pertama di klik tidak hilang tandanya. Lakukan hal yang sama pada titik yang ingin di tarik, kemudian tarik sesuai sumbu atau bentuk yang di inginkan, gambarnya seperti dibawah ini.

Selanjutnya kita akan membuat batang yang di atas yang berhubungan dengan gagang. Disini kita akan menarik sebuah bagian pada object tersebut sehingga akan membentuk bagian baru. Kita gunakan bagian sisi atas gagang, ubah mode vertex select ( titik ) menjadi face select ( sisi ), karena bagian atas masih polos maka gunakan perintah CTRL-R untuk membuat garis hingga membentuk kotak pada tengahnya, jika sudah klik kana pada kotak yang di tengah, kemudia klik tombol E, setelah itu tarik ke atas, maka akan muncul bagian baru. Gambarnya seperti di bawah ini


Kemudian buat garis dengan menggunakan CTRL-R pada bagaian atas yang tadi di tarik, setelah itu tarik lagi titik sejajar hingga membentuk seperti yang di inginkan


Selanjutnya pada bagian atas buat garis menjadi beberapa bagian menggunakan CTRL-R, setelah itu block bagian dengan menggunakan mode face, lalu klik huruf E dan tarik ke atas hingga muncul bentuk baru


Lalu pada bagian antara bentuk baru yang baru di buat, buat garis lagi, setelah itu tari titik sejajar hingga membentuk lengkungan, kemudian pada sisi selanjutnya buat garis juga tarik titik sejajar sehingga nanti membentuk sebuah lingkaran


Kemudian blok bagian depan atau moncongnya kemudian tekan E tarik hingga membentuk bagian baru


Selanjutnya pada bagian bawah buat 2 garis pembatas, kemudian block bagian tersebut lalu tarik lagi hingga membentuk bagian baru



Langkah berikutnya sama halnya dengan yang lain, blok bagian yang akan di tarik membentuk bagian baru, lalu buat garis, tarik setiap titik sejajar hingga membentuk bagian yang di inginkan


Lakukan hal yang sama pada pembuatan pelatuknya


Kemudian pada bagian atas, block lagi kemudian tarik sampai membentuk bagian baru, buat garis lagi pada bagian itu lalu block lagi kemudian tarik lg


Kemudian kita akan menambahkan object baru, caranya pilih add, lalu mesh pilih cilynder. Lalu gunakan huruf R untuk merotasinya, lalu gunakan mode scale untuk membentuk lebih lebar atau kecil


Selanjutnya agar lebih mudah, kita dupliasi saja bentuk tersebut dengan cara SHIFT+D



Dan terakhir keluarkan object silinder lagi, kemudian block bagian yang ingin di bentuk, gunakan mode scale untuk membuatnya menjadi lebar


DAN HASIL AKHIRNYA


1 komentar:

Febri Yanto mengatakan...

Nice :D

Poskan Komentar