Kamis, 10 Maret 2011

Manusia dan Keindahan

       Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, ta13nan, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran
       .Manusia pada umumnya senang pada sesuatu keindahan.Keindahan itu adalah sesuatu yang bisa membuat kita menjadi senang baik jiwa maupun raga atau sering disebut keadaan yang enak di pandang. Keindahan juga dikatakan beauty is in the eye of the beholder atau "keindahan itu berada pada mata yang melihatnya".
Keindahan bisa dilihat melalui lahiriah atau batiniah, secara lahiriah keindahan bisa langsung di pandang dan nikmati begitu saja, misalnya seperti keindahan paras cantik dan tampan seorang manusia, keindahan akan alam, pemandangan gunung, pantai, dasar laut, cahaya kota di saat malam hari, dll. dan secara batiniah bisa seperti perilaku, sikap, perasaan dan semua itu tidak bisa di lihat secara langsung.
       

0 komentar:

Posting Komentar