Kamis, 25 Juli 2013

Perkembangan Terkini Teknologi Game

          Game atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai permainan. Dalam Perkembangannya game yang dulu pada abad 19 masih bersifat tradisional, secara terus menerus berkembang dengan adanya teknologi-teknoplogi yang ditemukan. Perkembangan ini dimulai terutama pada pertengahan abad 19 (tahun 1900an). Dimana pada waktu itu komputer mulai ditemukan dan dengan semakin berkembangnya komputer tersebut, yang bukan saja sebagai alat bantu mempermudah kerja manusia, tetapi juga sebagai sarana hiburan. Pada saat itulah game berkembang seiring kebutuhan manusia akan hiburan tersebut.

Games pertama hanya berupa:
1. Permainan game 2 Dimensi
2. Permainan game 3 Dimensi
3. Permainan game online

PERKEMBANGAN GAMES
Berikut ini akan kita bahas mengenai perkembangan game dari dasar sampai:


Tahun 1951

Pada tanggal 5 Mei 1951, komputer Nimrod diperlihatkan pada Festival Britania. Dirancang secara eksklusif untuk memainkan permainan NIM; ini merupakan contoh pertama dari sebuah komputer digital yang dirancang khusus untuk memainkan game. Nimrod bisa bermain baik tradisional atau "terbalik" bentuk permainan.

NIM adalah numerik dua pemain permainan strategi, yang diyakini akan datang berasal dari cina kuno. NIM permainan Peraturannya sederhana: Ada sejumlah "tumpukan" (kelompok objek), dan masing-masing kelompok berisi jumlah objek tertentu (yang biasa array dimulai dari NIM adalah 3 tumpukan yang berisi 3, 4, dan 5 objek masing-masing) . Setiap pemain menghapus objek dari tumpukan bergantian, tapi semua benda harus dihapus dari satu tumpukan dan jumlah objek dihapus tidak 0. Pemain untuk mengambil objek terakhir tumpukan terakhir adalah pecundang, tetapi ada variasi permainan di mana pemain untuk mengambil objek terakhir tumpukan terakhir adalah pemenangnya.

Tahun 1958: Tennis for Two

Sudah dikatakan bahwa "Tenis For Two" menjadi inspirasi bagi dunia Atari video game terkenal "Pong". Permainan ini diciptakan oleh William Higinbotham, seorang ilmuwan dari Brookhaven National Laboratory. Hal ini dibuat sebagai hiburan, jadi laboratorium pengunjung punya sesuatu yang pada waktu luang. Permainan elektronik didesain dengan sangat baik untuk eranya


Pembuatannya dengan cara: bola dibuat banyak faktor seperti posisi / sudut kontak, kecepatan angin, gravitasi dan sebagainya, Anda harus menghindari bersih seperti di tenis nyata, dan banyak pilihan lain. Permainan hardware juga punya dua "joystick" (dua kontroler dengan tombol rotasi dan sebuah tombol masing-masing) yang terhubung ke konsol analog, dan sebuah osiloskop sebagai layar. Game ini menampilkan lapangan tenis sederhana dipandang dari samping. Bola seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati net/jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi knop untuk mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk memukul bola sampai melewati net.

Tahun 1990an: 3D Game

Pada awal tahun 1980-an juga ditandai dengan hadirnya media penyimpan CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi populer. Era game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan multiplayer game mulai muncul di era ini. Jadi, memang terasa bahwa pasar game komputer semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi pendukungnya. Di sisi konsumen, game pun menjadi lebih nyata dan menarik.

Dengan power komputasi dan turunnya cost untuk prosesor seperti Intel 86, 486, dan Motorola 68000, di tahun 1990 perkembangan kemampuan multimedia dengan sound card dan CD-ROM lebih berarti.

Daftar Pustaka :
http://tekno.kompas.com/read/2013/06/11/11463162/Ini.Dia.Harga.Resmi.PlayStation.4
http://designbyhill.blogspot.com/2010/02/perkembangan-teknologi-game.html

0 komentar:

Posting Komentar